Saturday, July 6, 2013

How I Want to be a Customer of Tsundere Cafe

"B..B..Bukan karena gw ulang tahun, lalu gw nulis lagi di blog sialan ini. B..Baka!"

Yap, di hari kejayaan Sir Handsome Muhammad Aldi Aditya of Self-Proclaimed-Badassery ini ternyata ada beberapa hal yang masuk wish-list untuk jadi hadiah terindah di duniah (ce'ilah, sok rhyming), kayak bucket list gitu deh. Terus terang keinginan ini banyak yang muluk sih, tapi (ibarat orang Jawa bilang) mau kesampeyan alhamdulillah, ndak yo wes, alhamdulillah juga.

 Daftar Ember
1. Punya teman Jack Russell Terrier
2. Nyelesein novel gw
3. Makan indomi goreng
4. keliling Pulau Jawa
...
174. Nongkrong di tsundere cafe

dst.

Kali ini, gue bakal ngebahas keinginan nomer 174, yaitu nongkrong di tsundere cafe. Hah? Apaan tuh tsundere cafe? Gampangnya, tsundere cafe itu, ya, cafe yang diisi tsundere.



Kalo masih nggak ngerti juga, sodara-sodara bisa cek dan liat seperti apa itu makhluk tsundere di sini dan di sini. Karena link yang gue kasih nginggris, mungkin gw kasih tau aja sedikit. Tsundere itu trope/karakter stoik yang ada di manga atawa anime. Biasanya traitnya tsundere itu adalah wanita super dingin terhadap pemeran utama, namun menyimpan hati dan kasih sayang terhadapnya. Contoh yang paling gue inget sih (silakan googling) Taiga Aisaka dan Eri Sawachika.



"B..Bukannya Tarzan mau nolong Jane. T..Tarzan cuma kebetulan lewat. B..Baka!"














Yah begitulah. Biasanya karakter tsundere penuh dengan pertentangan. Biasanya dia menyembunyikan isi hatinya dengan kalimat semacem ini:

-"Sekarang lo ulang tahun ya? Gw nggak keingetan kok, cuma kebetulan aja liat di FB... Baka!"

-"Lo besok mau snorkling ya? Bukannya apa-apa sih, cuma hati-hati aja, situs BMG bilang sekarang lagi musim hujan yang memicu pertumbuhan ubur-ubur. B..B.Bukannya gw khawatir terus cari tau ato begimana ya. P..Pokoknya hati-hati aja.... B..Baka!"

-"Lo kemaren ke ATM Mandiri trus ngambil uang 50 ribu ya? Pake debit kan? PIN lo 1234 ya? B..B..Bukannya gw stalking trus pengen ngerampok lo sih...B..Baka!" (kalo ketemu orang kayak gini lapor polisi ya! B..b..bukannya gue khawatir sama elo sih... B..Baka!)

(Note: pake kata Jepang "baka" yang artinya "idiot" itu sih cuma pemanis aja, silakan ganti dengan kata lain semisal "huh", "naudzubillah", "jancuk", terserah lo broh)

Balik lagi ke urusan kafe. Kenapa gw pengen nongkrong di tsundere cafe? B..b..bukan karena fetish atau semacamnya itu loh, j..j..jancuk! Oh, emang bener. Ini bukan masalah fetish sama sekali (fetish gue mungkin lebih ke... gimana ya? Idol SNSD favorit gue itu Sunny dan Sooyoung, jadi silakan tebak fetish gue deh). Nah, alesan utamanya lebih ke masalah fun aja, gue emang tertarik mencoba hal yang baru. Mungkin juga penasaran sama (kalo bicaranya serius nih) tegangan antara fiksi dan realita, terutama dalam trope tsundere itu sendiri, secara gue sedikit banyak pernah nonton anime.

Gue nggak tertarik dengan maid atau butler cafe. Ya gimana tertarik? Wong emang tugasnya butler atau maid itu melayani kok. Jadi, nggak aneh (banget) kalo ada kafe yang pelayannya itu pake baju butler atau maid.

Kalo tsundere kafe itu kan penuh anomali, ketidakmungkinan, atau ketidakumuman. Coba bayangin: Sebuah tsundere cafe di bilangan Taman Anggrek. Setelah seorang anime otaku mencari sarung guling Lum Invader 1:1 di MTA, ia mampir ke dalam kafe tersebut. Ia disambut oleh pelayan yang dengan ketus berkata, "Mau apa lo? Aer putih? Ambil sendiri! Nih, menu! Apa? Indomi goreng? Huh, nggak bisa ke warung pinggir jalan aja ya mas?"

"Bukannya ik peduli sama you ya makanya ik kasih servis"


Setelah penyambutan yang tak sedap itu, si pelayan pergi membawa pesanan. Ketika si otaku menikmati itu Indomi goreng, yang dibikin penuh cinta dan kasih sayang, bertanyalah kembali si pelayan tsundere, "Kalo mau pesen apa-apa lagi panggil saya aja ya. B..B..Bukannya gimana-gimana nih, pelayan yang lain pada sibuk semua kecuali saya. Dasar!" Lalu kemudian si otaku selesai bersantap. Pingin pulanglah ia. Si pelayan tsundere berkata, "Yah, kok pulang sih? Kan sepi jadinya. Besok ke sini lagi ya, tapi bukan karena saya kangen loh. Huh!"

"Besok marahin saya lagi ya."

Nah, cerita di atas ngasih anomali ke kita: tsundere cafe kudu marahin semua pelanggannya, tidak seperti cafe lain yang beramah-tamah. Bahkan, mungkin aja si pelayan datang dengan makanan yang (disengaja) tidak sesuai gitu, misalnya sedotannya ditancepin di nasi atau indominya diganti mi sedap (baca contohnya di sini). Holy shit! Trus, kalo pelayanannya seburuk itu, apa yang diutamakan?

Nah, tsundere cafe bakal ngasih pemaknaan lebih terhadap memori tsundere-ism, yang udah dibentuk dari pengalaman membaca atau menonton, kepada pengalaman nyata. Sama aja sih kayak setelah lo baca Batmannya Frank Miller, trus nonton Batmannya Cris Nolan, trus loncat maen batman-batmanan dengan memakai sarung sebagai cape: itu semua kan ngebentuk pengalaman lo mengenai batmanism. Ya gue sih ogah bicara lebih serius lagi, tapi kira-kira begitulah (terserah elo mau liat tsundereism pake teori bullshit apa lah: feminisme, hegemoni, kuasa, ekonomi, cultural studies).

Tsundere cafe emang sengaja dibentuk dengan sistemnya sendiri agar para customer bisa ngerasa nyaman, walaupun dimarahin dan diketusin. Agar mencapai tujuan itu, kayaknya sih mesti ada syarat, antara lain:

1. Tempatnya kudu nyaman. Kalo cuma ada bangku panjang dua biji dan ga ada AC sih lo makan aja di warteg, ambil gorengan lima, bilangnya dua. Ga usah ke tsundere cafe, lo bakal diketusin mbak2 situ kalo balik makan di situ lagi.

2. Pelayannya harus memenuhi kriteria muda, cakep, bersemangat, dll. Bayangin kalo lo diketusin ibu-ibu pengajian. Demek ga tuh?

3. Kostum harus punya daya tarik dan jangan aneh-aneh. Contohnya: kelinci boleh lah, tapi jangan pake kostum pisang. Ga ada orang yang kepengen dimarahin sama pisang.
"Ape lo liat-liat? Mo pesen ape?"

4. Diketusin bukan berarti dicuekin. Para pelayannya kudu ditraining biar bisa ketus, tapi tetap perhatian.

5. Jikalau ada yang menganggap bikin tsundere cafe as an art, lo bisa tolak mentah-mentah syarat di atas.

Mungkin ga sih tsundere cafe dibikin di Indonesia? Emang bakal ada customernya? Wah gue ga bisa jawab dengan pasti mengenai kemungkinan, tapi paling pasti gue akan masuk list orang yang bakal nyobain itu kalo sampe ada. Di sini bukan Jepang sih, jadi pasti ada tantangan tersendiri untuk bikin tsundere cafe.

Emang kayaknya belom ada cafe macem gitu sih di sini, cuma sebenernya sifat "tsun-tsun" atau "dere-dere" bisa ditemukan di pengalaman sodara-sodara. Mungkin kita semua pernah ngerasain dukacita waktu jadi customer di sebuah usaha jasa atau restoran, macem pelayannya ga senyum lah, makanannya nggak enak, atau satpam atau tukang parkirnya bego. Nah, pelayanan macem gitu bisa jadi menyenangkan kalo lo pura-puranya berada di tsundere cafe. Gimana? Tertarik? Kalo pernah punya pengalaman di-tsundere-in orang, cerita-cerita di komen aja ya.

1 comment: